Slider

2 Cara Sederhana Mendeteksi Hati yang Telah Rusak, "Berhati-hatilah"

Friday, November 13, 2015


Setiap manusia tentunya pastilah punya hati, hati disini bukanlah bermakna hati secara lahiriya namun yang dimaksud adalah hati bathiniyah. Manusia pasti punya hati demikian juga terhadap makhluk Allah lainnya. Seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan, mereka juga memiliki anugrah hati yang diberikan oleh sang Pencipta, namun Allah memberikan hati kepada manusia dengan dua anugrah hati yang tentunya berbeda dari makhluk selain mereka, yaitu hati lahir dan hati bathin. Jika hati lahir punya bentuk dan dapat dilihat maka hati bathin hanya bisa dirasakan tanpa berbentuk, inilah yang kami maksud didalam penjelasan disini. Didalam al-Quran, sangat banyak sekali Allah menyinggung hati manusia, adakalanya manusia memiliki hati yang damai dan sehat alias tidak sakit dan adakalanya juga hati manusia itu sakit, seperti firman Allah dibawah ini : 

Dalam Hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. (Al-Baqarah : 10)

Kita (yaitu manusia) tentunya tau bahwa hati terkadang sakit karena suatu keadaan dan terkadang sehat disuatu keadaan lainnya. Seperti Firman diatas, ayat ini ditujukan bagi mereka yang hatinya tidak mau dipakai untuk mengarah kepada Allah SWT, sehingga wajarlah jika terkadang hari ini kita selalu merasakan kegundahan yang berat, resah, stres, dan tidak nyaman dalam hidup disebabkan karena hati kita sedang sakit dan perlu obat untuk menyembuhkan penyakit hati tersebut, adakalanya penyembuhan hati tersebut diobati dengan berszikir, mengingat Allah, duduk dalam majlis ilmu atau lain sebagainya. Yang sudah barang tentu keadaan ini dapat mengobati hati manusia. 

Namun ada hal yang perlu di ingat, ketika hati kita sedang sakit, disebabkan karena telah jauh dari Allah SWT maka hati itu akan rusak dan akan sakit didalam bathiniyah kita. Jikalau hati telah sakit maka kehidupan kita terasa sempit, gundah dan lebih bahayanya lagi adalah iman kita terkikis kepada ajaran agama ini. alhasil ketika kita meninggalkan dunia ini dan menghadap Allah maka kita termasuk golongan-golongan yang masuk kedalam neraka. 

yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa tahu bahwa hati kita telah rusak dan sakit, berikut 3 cara untuk mendeteksi hati yang telah rusak : 

1. Tes Mendengarkan Quran diantara dua lagu yang disukai
   Maksudnya adalah kita mendeteksi hati melalui bacaan quran diantara dua lagu yang kita sukai. caranya adalah ambilah handpone yang ada musiknya, kemudian nyalakan playist musik, buatlah folder baru dan letakkan list 3 saja, list pertama lagu, list kedua quran dan yang ketiga adalah lagu. Setelah itu, dengarkan lagu pertama berulang kali sebanyak dua kali, kemudian biarkan play musik berjalan sampai masuk ke list kedua dan dengarkan list quran tersebut (jika bisa letakkan surat yang panjang seperti sajadah, luqman atau ar-rahman), ketika list quran ini sedang berjalan coba dengarkan sampai habis secara iklash tanpa ada niat untuk menukarkannya. Jikalau kita tidak sanggup mendengarkannya dan ingin memindahkan untuk list lagu ke tiga maka berhati-hatilah bahwa sebenarnya hati anda sudah mulai rusak. 

2. Mendeteksi Hati dengan Cara mendengarkan Pengajian atau Mauidhah Hasanah
    Cara ini sangatlah mudah, datang aja kepengajian terdekat dan diamlah didalam majlis tersebut dan dengarkan, resapi lalu simpanlah hasil pengajian yang baru anda dengar, jika kita bisa menetap didalamnya, memahami apa yang disampaikan dan dapat mengingat dalam jangka waktu yang lama pengajian tersebut maka tanda hati masih bagus, jika tidak maka hati anda telah rusak. Rasulullah bersabda : 

"Siapa yang diinginkan oleh Allah dalam kebaikan maka Allah akan memudahkan dia dalam agamanya" (Muttafaqun 'Alaih).

Ini artinya adalah Allah memberikan kebaikan bagi kita semua apabila kita memahami pelajaran agama yang kita dengarkan. Terkadang ada orang yang telah lama ikut dalam majlis ilmu namun ia belum pahami apa yang ia pelajari, hal ini disebabkan bahwa hati yang kita punya telah rusak untuk itu setiap nasehat, pelajaran agama, dan majlis ilmu yang kita dengar tidak masuk kedalam hati. 

inilah 2 cara sederhana Mendeteksi Hati Yang Mulai Rusak,

Sumber : 
Tgk Habibie M. Waly

Share this article :

1 comment:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Khazanah Islam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger